PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI EKSPOSITORIS DENGAN TEKNIK OBJEK LANGSUNG PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Abstract
Tujuan yang dikaji dalam skripsi ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pengajaran keterampilan menulis deskripsi ekspositoris melalui teknik objek langsung pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013 pengaruh penggunaan teknik objek langsung terhadap minat dan sikap siswa dalam menulis deskripsi ekspositoris pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah Kebumen Tahun 2012/2013, peningkatan keterampilan menulis deskripsi ekspositoris dengan teknik objek langsung pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Teknik tes terdiri dari kemampuan siswa dalam membaca puisi dari prasiklus sampai siklus II. Teknik nontes terdiri dari hasil angket, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Dalam teknik penyajian data digunakan analisis informal. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran menulis deskripsi ekspositoris dengan teknik objek langsung dilakukan mulai dari prasiklus, siklus I, siklus II dan pada masing-masing siklus sama-sama melaksanakan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan reflksi; (2) minat dan sikap siswa dalam pembelajaran menulis deskripsi ekspositoris menjadi lebih baik dengan teknik objek langsung, terbukti dari prosentase prasiklus yang hanya 23%, siklus I 31,8%, dan siklus I 81,8%. Secara keseluruhan peningkatan minat dan sikap siswa dari prasiklus sampai siklus II sebesar 58,8%.; (3) pembelajaran menulis deskripsi ekspositoris dengan teknik objek langsung dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi ekspositoris siswa kelas X SMA Muhammadiyah Kebumen. Skor prasiklus sebesar 62,7, siklus I sebesar 72,6, dan siklus II sebesar 74,8. Secara keseluruhan peningkatan hasil nilai rata-rata siswa dari prasiklus sampai siklus II sebesar 12,1.
Kata kunci: deskripsi ekspositoris, teknik objek langsung
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.