PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK BERITA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 31 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2012/2013

Agung Dharma Setiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) peningkatan kualitas proses pembelajaran keterampilan menyimak berita menggunakan media audiovisual siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Purworejo tahun ajaran 2012/2013; (2) tingkat keberhasilan keterampilan menyimak berita menggunakan media audiovisual siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Purworejo tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, angket, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Teknik penyajian analisis data menggunakan metode informal. Kriteria keberhasilan yang diperoleh siswa berdasarkan kriteria keberhasilan proses dan keberhasilan produk. Keabsahan data diperoleh dari triangulasi dan kecukupan referensi. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) penggunaan media audiovisual dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan meningkatkan keterampilan menyimak berita. Kualitas proses pembelajaran pada prasiklus memperoleh nilai rata-rata sebesar 55,64, siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 63,54, dan pada siklus II sebesar 76,12; (2) peningkatan keterampilan menyimak berita dapat dilihat dari hasil prasiklus yang masih rendah dengan nilai rata-rata sebesar 46,80. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh pada siklus I sebesar 61,74. Selanjutnya, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 76,38. Jumlah peningkatan dari tahap prasiklus menuju siklus I sebesar 14,94 dan peningkatan dari siklus I menuju siklus II sebesar 14,64.

Kata kunci: menyimak berita, media audiovisual


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.