NILAI PENDIDIKAN NOVEL BUMI BIDADARI KARYA TAUFIQURRAHMAN AL-AZIZY DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Endang Supriyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan unsur intrinsik novel Bumi Bidadari karya Taufiqurrahman al-Azizy, (2) mendeskripsikan nilai pendidikan dalam novel Bumi Bidadari karya Taufiqurrahman al-Azizy, dan (3) mendeskripsikan skenario pembelajaran unsur intrinsik dan nilai pendidikan dalam novel Bumi Bidadari karya Taufiqurrahman al-Azizy di kelas XI SMA. Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik novel Bumi Bidadari, temanya adalah jalan kehidupan yang penuh dengan cobaan, tokoh utamanya adalah Fatimah, penokohan dilakukan secara analitik dan dramatik, alurnya adalah alur maju, latarnya dihadirkan secara konkret, sudut pandangnya adalah orang pertama, amanatnya dikemas dalam cerita serta hubungan antarunsur terjalin secara harmonis. (2) Nilai pendidikan dalam novel meliputi (a) religius, (b) jujur, (c) disiplin, (d) kerja keras, (e) kreatif, (f) mandiri, (g) rasa ingin tahu, (h) semangat, (i) bersahabat/ komunikatif, (j) gemar membaca, (k) peduli sosial, dan (l) tanggung jawab. (3) Skenario pembelajaran dilakukan menggunakan model Stratta sebagai berikut, (a) guru memberi tugas kepada peserta didik untuk membaca novel Bumi Bidadari, (b) guru memberi tugas kepada peserta didik untuk menganalisis unsur intrinsik dan nilai pendidikan yang terdapat dalam novel, dan (c) guru memberi tugas kepada peserta didik untuk membuat simpulan serta menyebutkan nilai pendidikan yang terdapat dalam novel.

Kata kunci: unsur intrinsik, nilai pendidikan, skenario pembelajaran


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.