KEPUTUSAN PETANIMENGGUNAKANIRIGASI TETESDALAM USAHATANI SEMANGKA DI DESA WONOSARI KECAMATAN NGOMBOL KABUPATEN PURWOREJO

Ginanjar Wahyu Nurcahyo, Istiko Agus Wicaksono, Didik Widiyantono

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui proses pengambilan keputusan terhadap pemilihan jenis irigasi yang ingin digunakan. 2) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan petani menggunakan irigasi tetes.

Populasi penelitian semua petani semangka berdasarkan data primer dari  kelompok tani yaitu sebanyak 50 petani. Pengambilan sampel petani semangka di desa Wonosari kecamatan Ngombol dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh atau sensus.  Metode analisis yang digunakandalampenelitianiniadalahmetodedeskriptif.PengambilanKeputusanPetaniSemangkaMenggunakanSkalaLikert, dan uji hipotesis menggunakan uji t.

Hasil analisis menunjukkan tahapan pengambilann keputusan, petani mengetahui tahapan dari awal hingga akhir menggunakan irigasi tetes. Tahap persuasi petani tertarik dan mencari informasi. Tahap keputusan petani menerapkan irigasi tetes.Tahap usaha petani mencari informasi  petani hanya mencari kesatu sumber. Tahap tindak lanjut petani menerapkan dengan luas lahan tetap. Faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan petani menggunakan irigasi tetes adalah faktor pendidikan formal, tingkat pendapatan, faktor ketersediaan sarana produksi, dan saran dari elemen masyarakat.

 

Katakunci : irigasi tetes, faktor internal, faktor eksternal, pengambilan kepututsan


Full Text:

PDF PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.