KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MENGKONSUMSI BUAH LOKAL DAN BUAH IMPOR DI KABUPATEN PURWOREJO (Studi Kasus Konsumen Pasar Tradisonal Purworejo)

Aji Akbar Setiawan, Dyah Panuntun Utami, Uswatun Hasanah

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui gambaran atau deskripsi
konsumsi buah lokal dan impor di pasar tradisional Purworejo, (2) Mengetahui keputusan konsumen dalam mengkonsumsi buah lokal dan buah impor dipengaruhi oleh kesegaran, rasa, harga, ukuran buah, dan tingkat pendapatan. Desain penelitian ini menggunakan metode survei yaitu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dengan menggunakan kuesioner sebagai alat untuk mengumpulkan data. Penelitian dilakukan di Kabupaten Purworejo yang merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah. Penentuan jumlah sampel adalah accidental sampling jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah 50 orang. Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif, dan uji regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukan variabel kesegaran, rasa, harga, ukuran dan
pendapatan, variabel kesegaran dan ukuran yang paling berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen.Variabel kesegaran dan ukuran ini mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan. Faktor rasa pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen tidak terbukti. Sedangkan faktor harga berperngaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dan pendapatan menurut hasil penelitian iniberpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan konsumen.


Kata Kunci : Buah Lokal, Buah Impor, Keputusan Konsumen


Full Text:

PDF PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.