KARAKTERISTIK INTERNAL DAN EKSTERNAL PETANI DALAM MELAKUKAN USAHATANI BELIMBING (Averrhoa carambola L.) DI LAHAN TEGALAN DESA WALUYOREJO KECAMATAN PURING KABUPATEN KEBUMEN

Edi Purwanto, Dyah Panuntun Utami, Uswatun Hasanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) karakteristik internal petani dalam melakukan usahatani belimbing di desa Waluyorejo. 2) karakteristik eksternal petani dalam melakukan usahatani belimbing di desa Waluyorejo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Pengambilan sampel daerah penelitian dilakukan secara sengaja sengaja atau purposive sampling. Pengambilan sampel petani dilakukan dengan cara proportionate stratified random sampling dengan jumlah responden sebanyak 47 petani. Data penelitan diperoleh dengan cara observasi, wawancara, pencatatan dan dokumentasi kemudian data dianalisis secara deskriptif. Variabel penelitian terdiri dari faktor internal (pendidikan formal, pendidikan non formal, umur dan pengalaman) dan faktor eksternal (kesesuaian dengan aspek lahan, kemudahan untuk dibudidayakan, ketersediaan sarana dan prasarana dan dukungan kelompok tani)

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa karakteristik internal petani responden berpendidikan SLTP sebanyak 40,43 %, mengikuti pelatihan 1 kali sebanyak 53,19 %, umur 34-43 tahun sebanyak 82,98 % dan pengalaman sedang sebanyak 57,45 %. Karakteristik ekternal petani diketahui bahwa kesesuaian dengan kondisi alam mayoritas menyatakan sesuai, terkait kemudahan diusahatanikan petani menyatakan cukup mudah, ketersediaan sarana dan prasarana petani menyatakan cukup tersedia dan dukungan kelompok tani mayoritas petani menyatakan cukup mendukung.

Kata Kunci: belimbing, keputusan, petani.


Full Text: PDF Text PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.