FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PENGRAJIN DALAM MEMBUAT GULA KELAPA ORGANIK DI KECAMATAN KALIGESING KABUPATEN PURWOREJO

Siswanti Siswanti, Istiko Agus Wicaksono, Didik Widiyantono

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) karakteristik pengrajin gula kelapa organik; dan 2) faktor yang mempengaruhi keputusan pengrajin melakukan usaha gula kelapa organik. Metode yang digunakan yaitu deskriptif analisis dengan sampel 75 responden dan menggunakan metode proportional stratified random sampling. Kuesioner diuji dengan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis data yaitu rataan skor dan uji regresi linear berganda terhadap variabel yang telah ditentukan.

Hasil analisis data menunjukkan nilai adjusted R square sebesar 91,3%. Faktor yang secara bersama-sama mempengaruhi keputusan pengrajin dalam membuat gula kelapa organik yaitu pendidikan formal, pendidikan non formal, pemasaran, sarana dan prasarana, kemudahan dalam membuat gula kelapa organik, dan dukungan mitra. Variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pengrajin dalam membuat gula kelapa organik yaitu pendidikan formal, pendidikan non formal, pemasaran, sarana dan prasarana, kemudahan dalam membuat gula kelapa organik, dan dukungan mitra.

Kata Kunci: faktor, gula, hubungan, keputusan, organik, pengrajin.


Full Text: PDF Text PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.