TINGKAT PEMAHAMAN PETERNAK KAMBING KALIGESING DALAM PENERAPAN TEKNOLOGI PETERNAKAN DI KECAMATAN KALIGESING KABUPATEN PURWOREJO

Suryaman Nur Hidayatudin, Faruq Iskandar, Zulfanita Zulfanita

Abstract


Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari dan Februari di Desa Pandanrejo dan Tawangsari Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) tingkat pemahaman peternak Kambing Kaligesing terhadap penerapan teknologi pakan; (2) tingkat pemahaman peternak Kambing Kaligesing terhadap penerapan teknologi pengolahan limbah.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode observasional. Data hasil observasi dibahas secara deskriptif. Objek penelitian ini adalah peternak kambing Kaligesing di Desa Pandanrejo dan Tawangsari Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling dengan taraf signifikansi (α) 5% atau 0,05. Variabel penelitian ini adalah tingkat pemahaman peternak terhadap fermentasi pakan dan kompos. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan skala likert.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat pemahaman peternak Kambing Kaligesing terhadap penerapan teknologi pakan pada level tinggi; (2) tingkat pemahaman peternak Kambing Kaligesing terhadap penerapan teknologi pengolahan limbah pada level tinggi.

Kata kunci: pemahaman, teknologi peternakan, Kambing Kaligesing


Full Text: PDF Text PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.