ANALISIS USAHATANI DAN PEMASARAN BERAS SEHAT BOGOWONTO DI KABUPATEN PURWOREJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui biaya produksi, penerimaan, pendapatan, dan keuntungan usahatani padi organik yang dijual dengan merek Bogowonto di kabupaten Purworejo, 2) mengetahui saluran pemasaran yang terjadi pada beras sehat Bogowonto di kabupaten Purworejo, dan 3) mengetahui biaya pemasaran, margin pemasaran, keuntungan pemasaran, dan farmer’s share beras sehat Bogowonto di Purworejo.
Penelitian ini dilakukan pada petani padi organik dan pemasar beras sehat Bogowonto di kabupaten Purworejo. Pengambilan sampel petani responden menggunakan teknik sensus yaitu sebanyak 68 petani responden. Pengambilan sampel pedagang beras sehat Bogowonto menggunakan teknik snowball yaitu sebanyak 6 responden lembaga pemasaran beras sehat Bogowonto. Metode analisis penelitian menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata penerimaan, pendapatan, dan keuntungan yang diperoleh petani lebih besar dari biaya produksi yang dikeluarkan petani. Pemasaran beras sehat Bogowonto terdapat dua pola saluran pemasaran. Saluran pertama yaitu petani – gudang PETA – konsumen, saluran kedua yaitu petani – gudang PETA – pedagang pengecer – konsumen. Total biaya pemasaran pola I sebesar Rp. 2.950,00 dan pola II sebesar Rp. 202,75, margin pemasaran pola I sebesar Rp. 3.000,00 dan pola II sebesar Rp.4.000,00, keuntungan pemasaran pola I sebesar 0,38% dan pola II sebesar 5,70%. Pemasaran beras sehat Bogowonto diketahui sudah efisien.
Kata Kunci: Padi Organik, Pemasaran, Beras Sehat Bogowonto
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.