PARTISIPASI WANITA TANI DALAM PENGOLAHAN GULA SEMUT DI DESA HARGOROJO KECAMATAN BAGELEN KABUPATEN PURWOREJO

Niken Imroatun, Istiko Agus Wicaksono, Arta Kusumaningrum

Abstract


Tujuan penelitian ini antara lain: (1) mengetahui tingkat partisipasi wanita tani dalam proses pengolahan gula semut, (2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi wanita tani dalam proses pengolahan gula semut, (3) mengetahui pembagian kerja wanita tani dalam pengolahan gula semut.

Populasi penelitian semua pengrajin gula semut di Desa Hargorojo Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo berjumlah 214 wanita tani. Sampel responden yang diteliti berjumlah 68 wanita tani yang ditentukan menggunakan tingkat kesalahan 10%. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner, analisis menggunakan regresi linier berganda dan skala likert.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat partisipasi wanita tani dalam pengolahan gula semut dikategorikan tinggi dengan rata-rata 46,88 atau sebanyak 57, 35%. Hal ini dikarenakan kegiatan pengolahan gula semut lebih banyak dilakukan di dapur yang merupakan tugas seorang istri/wanita tani. Faktor-faktor yang secara signifikan mempengaruhi partisipasi wanita tani dalam pengolahan gula semut adalah jumlah anggota keluarga, alokasi waktu dan perusahaan. Faktor-faktor yang tidak mempengaruhi partisipasi wanita tani dalam pengolahan gula semut adalah umur, tingkat pendidikan, motivasi, pengalaman, penyuluh pertanian dan koperasi. Pembagian kerja antara wanita tani dan petani dalam pengolahan gula semut didominasi oleh wanita tani. Kegiatan yang dilakukan wanita tani antara lain pembuatan atau pencarian kayu bakar, pemasakan nira hingga pembuatan butiran, pencucian alat produksi dan penjualan, sedangkan kegiatan yang dilakukan oleh petani adalah pencarian kayu bakar, pengambilan nira, dan penjualan.

Kata kunci : gula semut, partisipasi wanita, pembagian kerja wanita.


Full Text:

PDF Text PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.