ANALISIS MINAT BELI KONSUMEN TERHADAP BERAS SEHAT “BOGOWONTO” DI KABUPATEN PURWOREJO

Dyah Panuntun Utami, Uswatun Hasanah, Arta Kusumaningrum

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang alasan konsumen, kesetiaan konsumen, lama mengkonsumsi, dan minat beli konsumen terhadap beras sehat Bogowonto. Metode penelitian ini dilakukan dengan survei. Pengambilan sampel secara purposive sampling. Jumlah responden sebanyak 30 orang.  Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode analisis data secara deskriptif analitis.

Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa sebagian besar (60,01%) alasan responden mengkonsumsi beras sehat Bogowonto karena diproduksi secara organik sehingga bebas dari bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan dan beras sehat Bogowonto telah diuji di laboratorium Sucofindo. Hasil uji laboratorium tersebut sebagai jaminan kepada konsumen bahwa beras Bogowonto adalah beras sehat dan aman dikonsumsi.  Analisis kesetiaan konsumen jika harga naik diketahui bahwa konsumen tetap membeli beras tersebut. Alasannya karena kualitas beras baik dan adanya uji laboratorium yang menunjukkan beras bebas bahan kimia berbahaya.

Analisis lama mengkonsumsi diketahui bahwa sebagian besar konsumen (53,33%) telah mengkonsumsi beras sehat Bogowonto lebih dari 4 tahun. Hal ini  karena konsumen adalah pelanggan beras sehat Bogowonto. Minat beli konsumen terhadap beras sehat Bogowonto tinggi dengan skor 17,03.  Hal ini disebabkan konsumen percaya bahwa beras sehat Bogowonto adalah beras yang dibudidayakan secara organik dan tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Walaupun hanya dijual di tempat tertentu dan harga lebih mahal mereka tetap membeli beras sehat Bogowonto.

 

 

Kata Kunci: Minat Beli, Beras Sehat Bogowonto


Full Text: PDF Text PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.