STRATEGI PEMBERDAYAAN KELOMPOK DISABILITAS DI KABUPATEN PURWOREJO (Studi Kasus Kelompok Disabilitas Restu Abadi Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo)

Yanuar Ilfahturrahman, Didik Widiyantono, Dyah Panuntun Utami

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk 1) mengidentifikasi permasalahan apa saja yang dihadapi kelompok disabilitas Restu Abadi di kecamatan Purworejo, kabupaten Purworejo, 2) mengetahui faktor internal dan eksternal apa saja yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bagi kelompok disabilitas Restu Abadi di kecamatan Purworejo, kabupaten Purworejo, 3) mengetahui strategi apa yang dapat dikembangkan dalam pemberdayaan kelompok disabilitas Restu Abadi di kecamatan Purworejo, kabupaten Purworejo.

Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data berdasarkan hasil wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Metode pengambilan sampling yaitu menggunakan Purposive Sampling. Penentuaan sampel menggunakan teknik Sampling Sensus. Metode analisis yang digunakan adalah Metode Analisis SWOT.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi prioritas yang dapat dikembangkan dalam pemberdayaan kelompok disabilitas di kabupaten Purworejo, yaitu : (1) mengajukan pelatihan wirausaha kepada pemerintah serta melaksanakan pengembangan usaha, (2) meminta bantuan kepada pemerintah dalam memajukan usaha kelompok, (3) Melakukan wirausaha dibidang olahan pangan bersama anggota dalam meningkatkan pendapatan.

 

Kata Kunci : Internal, Eksternal, Penyandang Disabilitas, Strategi Pemberdayaan.


Full Text: PDF Text PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.