PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP BERAS SEHAT BOGOWONTO

Susi Ernawati, Dyah Panuntun Utami, Uswatun Hasanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui karakteristik konsumen Beras Putih Sehat Bogowonto, 2) mengetahui proses pengambilan keputusan yang dilakukan konsumen dalam pembelian Beras Putih Sehat Bogowonto, dan 3) mengetahui persepsi konsumen terhadap Beras Putih Sehat Bogowonto. Populasi penelitian berjumlah 101 konsumen. Sampel penelitian berjumlah 51 konsumen, ditentukan dengan rumus Yamane. Metode pengambilan sampel berdasarkan data PETA Organik Purworejo menggunakan metode snowball. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner, alat tulis, dan alat dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan skala likert. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa karakteristik konsumen Beras Putih Sehat Bogowonto digambarkan melalui beberapa sebaran. Umur masuk dalam usia produktif, berjenis kelamin pria, rata-rata konsumen telah menempuh pendidikan SMA, bekerja sebagai petani organik, pendapatan konsumen sedang, jumlah tanggungan keluarga rata-rata 3 orang, dan pengeluaran konsumen sangat rendah. Pembelian Beras Putih Sehat Bogowonto oleh konsumen melalui lima tahap yaitu tahap pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, proses pembelian, dan pasca pembelian. Hasil analisis skala likert menunjukan persepsi konsumen terhadap Beras Putih Sehat Bogowonto baik.

 

Kata Kunci: Persepsi, Konsumen, Beras Putih Sehat Bogowonto


Full Text:

PDF Text PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.