ANALISIS USAHATANI DAN PENJUALAN SEMANGKA (Citrullus lanatus) DI DESA WONOSARI KECAMATAN NGOMBOL KABUPATEN PURWOREJO

Sari Susanto, Dyah Panuntun Utami, Didik Widiyantono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) biaya yang dikeluarkan dalam usahatani, jumlah produksi, dan penerimaan usahatani semangka; (2) pendapatan usahatani semangka; (3) kelayakan usahatani semangka; (4) penjualan semangka di desa Wonosari kecamatan Ngombol kabupaten Purworejo.

Pengambilan sampel petani dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 34 orang dan pengambilan sampel pedagang yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik snowball sampling sebanyak 2 orang. Metode yang digunakan dalam mengolah data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis biaya input yang digunakan dalam usahatani, analisis pendapatan dihitung dengan menggunakan ukuran pendapatan usahatani seperti return to total capital dan return to farm equity capital. Analisis kelayakan dihitung menggunakan BEP dan R/C ratio, sedangkan analisis penjualan menggunakan analisis deskriptif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata biaya total petani dalam satu musim tanam sebesar Rp 11.687.990. Rata-rata jumlah produksi semangka sebanyak 8.396 kg. Rata-rata penerimaan petani semangka sebesar                     Rp 16.791.177. Rata-rata pendapatan bersih usahatani sebesar Rp 9.244.366. Hasil dari perhitungan BEP yaitu BEP Produksi < Jumlah Produksi, BEP Penjualan < Jumlah Penjualan, dan BEP Harga < Harga Produk, maka usahatani semangka di desa Wonosari kecamatan Ngombol kabupaten Purworejo layak diusahakan karena petani mendapatkan keuntungan. Berdasarkan dari perhitungan R/C Ratio yaitu 1,44, maka usahatani yang dilakukan layak karena penerimaan lebih besar dari biaya total. Petani semangka di desa Wonosari menjual semangka ke pedagang pengepul secara tebasan dengan sistem pembayaran tunai atau bayar ditempat. Harga jual petani ke pedagang pengepul sebesar Rp 2.000/ kg. Pola saluran distribusi semangka : Petani – Pedagang Pengepul – Pedagang Besar – Pedagang Pengecer – Konsumen Akhir. Pedagang pengepul menjual hasil pembelian dari petani ke pedagang besar yang berada di Bandung dan Indramayu Jawa Barat.

Kata Kunci : biaya, kelayakan, pendapatan, penerimaan, penjualan, semangka.


Full Text: PDF Text PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.