PENDAPATAN PETANI LAHAN KONVERSI DAN TIDAK KONVERSI DESA REJOWINANGUN KECAMATAN KEMIRI KABUPATEN PURWOREJO

Purwahyudi Purwahyudi, Uswatun Hasanah, Istiko Agus Wicaksono

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui biaya dan pendapatan petani lahan konversi, 2) mengetahui biaya dan pendapatan petani lahan tidak konversi 3) mengetahui perbedaan biaya petani lahan konversi dan tidak konversi, dan 4) mengetahui perbedaan pendapatan petani lahan konversi dan tidak konversi.

Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey. Pengambilan sampel lokasi penelitian dilakukan secara purposive sampling dengan jumlah sampel petani sebanyak 33 responden. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuisioner dan di analisis menggunakan analisis uji t dengan menggunakan perangkat software SPSS versi 16.

Diketahui bahwa rata-rata biaya yang dikeluarkan petani lahan konversi adalah sebesar Rp Rp 21.114.100  dengan pendapatan sebanyak Rp 16.443.100. Rata-rata biaya petani lahan tidak konvesi sebesar Rp 7.145.800  dengan pendapatan sebanyak Rp 4.534.400. Hasil uji beda biaya menunjukkan bahwa nilai thitung>ttabel (15,281>2,386)  dan (p<0,01) artinya biaya rata-rata usahatani lahan konversi lebih besar dari biaya rata-rata lahan tidak konversi. Hasil uji beda pendapatan juga menunjukan bahwa nilai thitung>ttabel (14,845>2,386) dan (p<0,01) yang artinya bahwa pendapatan petani lahan konversi lebih besar dibandingkan dengan pendapatan lahan tidak konversi.

Kata kunci: Usahatani, Konversi Lahan, Padi, Sengon, Pendapatan.


Full Text: PDF Text PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.