STRATEGI PENGEMBANGAN USAHATANI PADI DI DAERAH PERBUKITAN DENGAN METODE JAJAR LEGOWO DESA KALIWUNGU KECAMATAN BRUNO KABUPATEN PURWOREJO

Keni Firdaus, Istiko Agus Wicaksono, Dyah Panuntun Utami

Abstract


Tujuan penelitian bertujuan untuk : 1) faktor-faktor internal apa saja yang menjadi kekuatan, kelemahan, usahatani padi jajar legowo daerah perbukitan di desa Kaliwungu kecamatan Bruno kabupaten Purworejo, 2) faktor-faktor eksternal apa saja yang menjadi peluang, ancaman, usahatani padi jajar legowo daerah perbukitan di desa Kaliwungu kecamatan Bruno kabupaten Purworejo, 3) strategi pengembangan usahatani padi jajar jegowo daerah perbukitan di desa Kaliwungu kecamatan Bruno kabupaten Purworejo.

Pengambilan sampel daerah penelitian ditentukan berdasarkan purposive sampling. Lokasi yang dipilih yaitu desa Kaliwungu. populasi  petani padi di desa Kaliwungu yaitu 42 orang dan informan kunci 2 orang. Penentuan jumlah sampel petani berdasarkan purposive sampling dan informan kunci purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket atau kuesioner.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pengembangan usahatani padi jajar legowo di desa Kaliwungu terbagi menjadi empat yaitu kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman. Kekuatan berupa: (1) kualitas hasil panen baik, (2) menggunakan varietas unggul, (3) produktivitas sama dengan dataran rendah, (4) biaya produksi rendah, dan (5) kesuburan lahan pertanian. Kelemahan yaitu: (1) kualitas SDM petani mayoritas masih rendah, (2) keterbatasan teknologi, (3) keterbatasan sarana prasarana, (4) permodalan masih lemah, (5) informasi pasar. Peluang berupa: (1) ketersediaan tenaga kerja, (2) tidak terkena banjir, (3) dukungan kelompok tani,(4) adanya program pengembangan sistem Jajar Legowo oleh Dinas Pertanian, (5) potensi sumber daya alam yang mendukung. Ancaman berupa: (1) serangan hama dan penyakit, (2) beralih kekomoditas lain, (3) harga gabah yang fluktuatif, (4) kenaikan harga input. Strategi pengembangan yang dapat diterapkan dalam mengembangkan usahatani padi Jajar Legowo di desa Kaliwungu yaitu: meningkatkan kualitas SDM dengan memanfaatkan tenaga penyuluh dan Dinas Pertanian atau Perkebunan sebagai lembaga pembina usahatani padi jajar legowo dengan jumlah skor yang diperoleh sebanyak 5,05.

 

Kata kunci: ancaman, kekuatan, kelemahan, peluang.


Full Text: PDF Text PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.