STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR PRODUK JELLY DI PD. ANEKA BINTANG CEMERLANG KABUPATEN KUNINGAN

Intan Bestianingsih, Dyah Panuntun Utami, Istiko Agus Wicaksono

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah 1) mengidentifikasi  faktor internal apa saja yang dapat menghambat dan mendukung pengembangan pasar produk Jelly di PD. Aneka Bintang Cemerlang, 2) mengidentifikasi  faktor eksternal apa saja yang dapat menghambat dan mendukung pengembangan pasar produk Jelly di PD. Aneka Bintang Cemerlang, 3) strategi apa saja yang dapat diterapkan oleh PD. Aneka Bintang Cemerlang berdasarkan analisis SWOT, 4) alternatif strategi apa yang dapat diterapkan dalam pengembangan pasar produk Jelly di PD. Aneka Bintang Cemerlang berdasarkan analisis QSPM.Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus.Pengambilan sampel lokasi penelitian dan sampel informan dilakukan secara purposive sampling.Sampel informan kunci diambil sebanyak 3 orang perwakilan dari PD. Aneka Bintang Cemerlang yaitu Informan biasa untuk agen diambil 3 agen dan 5 konsumen akhir.

Diketahui bahwa strategi untuk pengembangan pasar jelly adalah menjaga kualitas dan peningkatan mutu produk Jelly, memberikan pelatihan terhadap karyawan, agar karyawan terampil dalam memmbuat produk dengan rasa yang baru sesuai inovasi pemilik, meningkatkan promosi agar produk dikenal dimasyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi, menciptakan produk baru dengan rasa yang baru, memberikan jaminan kesehatan terhadap karyawan, menambah mitra pemasok bahan baku, agar bahan baku stabil, menjalin kerja sama dengan pedagang pengecer diluar kota untuk meningkatkan pemasaran. Hasil matriks QSPM yang dijadikan prioritas strategi adalah menjaga kualitas dan peningkatan mutu produk Jell, memberikan pelatihan terhadap karyawan agar karyawan terampil dalam pembuatan produk dengan rasa yang baru sesuai inovasi pemilik, menciptakan produk yang baru dengan rasa yang baru, menjalin kerja sama dengan pedagang pengecer diluar kota untuk meningkatkan penjualan.

Kata kunci: Pengembangan Pasar, Jelly, SWOT.


Full Text: PDF Text PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.