PEMASARAN MINYAK KELAPA DI KABUPATEN PURWOREJO

Cahyo Dwi Yuliyanto, Dyah Panuntun Utami, - Zulfanita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) saluran pemasaran, dan fungsi-fungsi pemasaran, (2) besar biaya, margin, dan bagian harga yang diterima oleh pengrajin minyak kelapa, dan (3) efisiensi pemasaran. Lokasi penelitian Kabupaten Purworejo karena banyak pengrajin minyak kelapa yang masih berproduksi secara kontinyu walaupun dalam skala usaha kecil.

Hasil penelitian menyimpulkan terdapat tujuh saluran pemasaran minyak kelapa di Kabupaten Purworejo yaitu tanpa melalui pengolahan lebih lanjut (1) Pola I: Pengrajin - Konsumen, (2) Pola II: Pengrajin - Pedagang Pengecer – Konsumen, dan melalui pengolahan lebih lanjut (1) Pola III : Pengrajin - Kelompok Bersama Mitra Sejahtera - Konsumen (Pedagang Kerupuk), (2) Pola IV A: Pengrajin - Pedagang Pengumpul - Bogamas - Pedagang Pengecer – Konsumen, (3) Pola IV B: Pengrajin - Pedagang Pengumpul - Dua Naga - Pedagang Pengecer - Konsumen, (4) Pola V A: Pengrajin - Bogamas - Pedagang Pengecer – Konsumen, (5) Pola V B: Pengrajin - Pabrik Dua Naga - Pedagang Pengecer – Konsumen.

Total biaya pemasaran pola I (Rp 0,-), II (Rp. 236,-), III (Rp. 1.155,13), IV A (Rp. 825,1), V B (Rp. 659,1). Total Marjin pemasaran pola I (Rp. 0,-), II (Rp. 1.500,-), III (Rp. 2.500,-), IV A (Rp. 2.867,-), dan V B (Rp. 2.467,-). Bagian harga yang diterima pengrajin untuk masing-masing pola I, II, III, IV A, dan V B adalah 100%; 85,94%; 77,27%; 74.33%; dan 77,91%. Nilai Efisiensi pada masing-masing saluran pemasaran pola I (0%); pola II (2,21%); pola III (8,55%); pola IV A (7,39%); dan pola V A (5,90%). Pola pemasaran IV B dan V B tidak dapat dihitung karena peneliti tidak dapat menelusurinya. Pemasaran minyak kelapa di Kabupaten Purworejo paling efisien yang tanpa melalui pengolahan lebih lanjut adalah pola pemasaran I (0%), dan melalui pengolahan lebih lanjut paling efisien adalah pola pemasaran V A (5,90%).

 

 

Kata Kunci :  Saluran Pemasaran, Margin dan Efisiensi Pemasaran.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.