PENGARUH KINERJA JALUR PEMASARAN TERHADAP PROSPEK PASAR GETUK TRIO (Studi Kasus Pada Industri Getuk Trio di Magelang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui profil industry getuk Trio di Kota Magelang. 2) Mengetahui jalur pemasaran dan kinerja jalur pemasaran getuk pada industry getuk Trio. 3) Menganalisis kinerja jalur pemasaran dengan komponen tingkat kenaikan penjualan (X1), tingkat kenaikan jumlah transaksi (X2) berpengaruh terhadap prospek pasar getuk pada industri getuk Trio. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif. Pengambilan sampel daerah penelitian dilakukan secara purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 15 industri getuk Trio. Metode analisis yang digunakan metode deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian industry getuk Trio adalah industri yang mengolah ketela pohon menjadi getuk dengan tiga warna yaitu merah, putih, dan coklat. Getuk dibuat setiap hari dengan jumlah produksi yang tidak tetap karena mengikuti permintaan pasar. Getuk dibuat dengan menggunakan bantuan mesin penggiling untuk mendapatkan tekstur getuk yang lembut. Jalur pemasaran yang digunakan industri getuk Trio ada yang menggunakan jalur pemasaran langsung, ada yang melalui perantara dan ada yang menggunakan gabungan 2 jalur. Nilai F hitung > dari F tabel pada α 1% sebesar 7,443 > 4,75. Hal ini berarti secara bersama-sama variabel kenaikan penjualan dan kenaikan transaksi berpengaruh terhadap prospek pasar. Kinerja jalur pemasaran dengan komponen tingkat kenaikan penjualan (X1) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prospek pasar dengan signifikansi 0,003 dan nilai koefisien -0,010. Tingkat kenaikan transaksi (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prospek pasar dengan sinifikansi 0,002 dan nilai koefisien 0,028.
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.