PENGARUH PENAMBAHAN SARI JAHE (Zingiber Officinale Rocs) DAN KUNYIT (Curcumae Domestical Val) PADA AIR MINUM TERHADAP KONSUMSI PAKAN, KONVERSI PAKAN DAN KONSUMSI AIR MINUM PADA AYAM BROILER

Geger - Destiawan, Roisu Eny Mudawaroch, Hanung Dhidhik Arifin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui produktifitas ayam broiler yang diberi tambahan Sari Jahe (Zingiber Officinal Rocs) dan Sari Kunyit (Curcuma Domestical Val) pada air minum terhadap produksi ayam broiler terutama konsumsi pakan, konversi pakan, konsumsi air minum ayam broiler.

Materi yang digunakan meliputi 100 ekor DOC (Day Old Chicken) Strain Abror Acres CP 707 DOC dan pakan diproduksi oleh PT. Charon Pokphand Indonesia pakan yang digunakan adalah BR 1. Peralatan yang digunakan adalah 20 set tempat pakan, ember, gelas ukur, bola lampu, thermometer, hygrometer, dan timbangan. Variabel yang diamati adalah konsumsi pakan, konversi pakan, konsumsi air minum. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (Completely Randomized Design) yang terdiri dari empat perlakuan dengan lima kali ulangan, setiap ulangan diletakan secara acak kedalam seluruh petak percobaan. Keempat macam perlakuan tersebut adalah: T0: penambahan sari jahe dan kunyit 0 gr, T1: penambahan sari jahe dan kunyit 5 gr, T2: penambahan sari jahe dan kunyit 10 gr, T3: penambahan sari jahe dan kunyit 15 gr. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan Analisis Ragam (Analisis of Varience). Apabila terdapat perbedaan nyata dilanjutkan dengan uji Duncan’s.

Hasil Penelitian konsumsi pakan dan konversi pakan berbeda nyata, sedangkan pada konsumsi air minum tidak berbeda nyata. Hasil uji Duncan’s menunjukan bahwa rerata konsumsi pakan dengan perlakuan T0 = 700,72bc, T1 = 686,07abc gram, T2 = 665,48a gram, T3 = 677,98ab gram, yang berarti penambahan sari kunyit dan jahe terhadap air minum sebanyak 5 gr (T1) menunjukan hasil yang terbaik. Hasil uji Duncan’s menunjukan bahwa rerata konversi pakan dengan perlakuan T0 = 11,11d gram, T1 = 9,65abc gram, T2 = 9,18a, T3 = 9,35ab gram,  yang berarti penambahan sari kunyit dan jahe terhadap air minum sebanyak 5 gr (T1) menunjukan hasil yang terbaik. Pemberian sari jahe dan kunyit pada level 5 gram, 10 gram, 15 gram pada air minum berbeda nyata pada konsumsi pakan dan berbeda sangat nyata pada konversi pakan. Konsumsi air minum tidak terjadi perbedaan yang nyata diantara perlakuan.

 

 

Kata kunci : Konsumsi, Konversi, Sari Kunyit dan Jahe, Ayam Broiler


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.