ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP PRODUK KECAP KENTJANA DAN KECAP ABC DI PASAR TRADISIONAL AMBAL KECAMATAN AMBAL KABUPATEN KEBUMEN

Adi - Setiyono, Uswatun - Hasanah, - - Zulfanita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Deskripsi konsumen dalam mengkonsumsi kecap Kentjana dan ABC. 2). Atribut kecap Kentjana memenuhi sifat ideal bagi konsumen. 3). Atribut kecap ABC memenuhi sifat ideal bagi konsumen. 4). Sikap konsumen terhadap produk kecap Kentjana dan ABC di pasar tradisional Ambal Kabupaten Kebumen.

Penelitian dengan metode deskripsi dan analisis angka ideal. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara purposive sampling dan pengambilan sampel dengan teknik accidental sampling. Jumlah responden yang terdiri dari 40 responden kecap Kentjana dan 40 responden kecap ABC. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden produk kecap Kentjana dan ABC berjenis kelamin perempuan. Rentang usia 15-64 tahun, tingkat pendidikan SLTP dengan jenis pendapatan sebagai petani. Tingkat pendapatan responden produk kecap Kentjana adalah < Rp 1.500.000 dan tingkat pendapatan responden kecap ABC

≤ Rp 2.500.000.

Berdasarkan analisis sikap konsumen terhadap produk kecap Kentjana sebesar  0,62  dan terletak pada posisi kurang dari 10,49 dan semua atribut diterima konsumen sangat baik. Analisis sikap konsumen terhadap produk kecap ABC sebesar 0,23 dan terletak pada posisi kurang dari 11,34 artinya sikap konsumen terhadap kecap ABC sangat baik dan semua atribut diterima konsumen dengan baik.

 

Kata Kunci: Kecap , Sikap Konsumen, Pasar Tradisional

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.