PENGARUH KINERJA JALUR PEMASARAN TERHADAP PROSPEK PASAR SUSU KEDELAI ( Studi Kasus pada Home Industry Susu Kedelai di Kabupaten Purworejo )

Anggita - Yunatie, Istiko Agus Wicaksono, Uswatun - Hasanah

Abstract


Tujuan penelitian untuk : 1) Mengetahui jalur pemasaran dan kinerja jalur pemasaran susu kedelai yang ada di Kabupaten Purworejo. 2) Menganalisis kinerja jalur pemasaran dengan komponen pencapaian target penjualan (X1), tingkat kenaikan penjualan (X2), tingkat kenaikan jumlah pelanggan (X3) berpengaruh terhadap prospek pasar (Y) pada home industri susu kedelai di Kabupaten Purworejo.

Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah studi kasus  sehingga berdasarkan pertimbangan tujuan penelitian, maka penelitian ini akan bersifat deskriptif dan analitik. Sasaran penelitian ini ditujukan terhadap home industri susu kedelai di Kabupaten Purworejo, dengan aspek-aspek yang akan menjadi bahan penelitian adalah kinerja jalur pemasaran dan prospek pasar.

Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Jalur pemasaran dan kinerja jalur pemasaran susu kedelai yang ada di Kabupaten Purworejo paling banyak yaitu dari produsen ke pengecer langsung ke konsumen. 2) Kinerja jalur pemasaran dengan komponen pencapaian target penjualan (X1) tidak berpengaruh terhadap prospek pasar dengan ditunjukkan bahwa rhitung (0,033) < r­tabel­ (0,549), sedangkan pada komponen tingkat kenaikan penjualan (X2) memberikan pengaruh terhadap prospek pasar ditunjukkan dengan bahwa rhitung (0,708) > r­tabel­ (0, 549). Komponen tingkat kenaikan jumlah pelanggan (X3) juga tidak memberikan pengaruh terhadap prospek pasar ditunjukkan bahwa rhitung (0,373) < r­tabel­ (0,549).

Berdasarkan kesimpulan dalam penelitian ini, maka penulis memberikan saran kepada produsen susu kedelai untuk: 1) Meningkatkan promosi. 2) Memperluas pemasaran produk. 3) Memperhatikan kualitas produk.

 

Kata kunci: Kinerja Jalur Pemasaran, Home Industri Susu Kedelai.

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.