ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP BUAH LOKAL DAN BUAH IMPOR DI KABUPATEN PURWOREJO

Anjar - Rachmawati, - - Zulfanita, Dyah Panuntun Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimanakah gambaran atau deskripsi konsumen tentang konsumsi buah lokal dan buah impor. 2) Atribut apa sajakah yang memenuhi sifat ideal konsumen di Kabupaten Purworejo. 3) Bagaimanakah sikap konsumen terhadap buah lokal dan buah impor berdasarkan atribut kesegaran, warna, berat, rasa, dan harga buah.

Metode dasar penelitian adalah metode deskriptif dan pelaksanaannya dengan metode survei dengan menggunakan kuisioner. Penelitian dilakukan di Kabupaten Purworejo yaitu di kios buah Tiga Saudara Purworejo, kios Buah Segar Pantok, dan kios Sumber Buah Kutoarjo dengan sengaja (Purposive Sampling). Jumlah responden yang diteliti aalah 97 orang responden dan teknik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan metode Judgement Sampling. Data primer dilaksanakan melalui pengisian kuisioner dengan teknik wawancara dan juga tes Organoleptik (merasakan langsung rasa buah lokal dan buah impor yang diteliti).

Berdasarkan hasil analisis sikap konsumen terhadap buah lokal adalah 5,22 terletak kurang dari 7,19 artinya sikap konsumen terhadap buah jeruk Jember dan apel Malang adalah sangat baik. Sikap konsumen terhadap buah impor adalah 11,09 terletak kurang dari 14,2 artinya sikap konsumen terhadap buah jeruk Mandarin Ponkam dan buah apel Fuji adalah baik. Semua atribut buah lokal dan buah impor yaitu atribut kesegaran, warna, berat, rasa dan harga sudah memenuhi keinginan konsumen. Akan tetapi atribut yang lebih disukai atau lebih memenuhi keinginan konsumen adalah atribut buah lokal yaitu 5,22. Hal ini dikarenakan Gap atau kesenjangan semakin kecil atau semakin mendekati angka nol.

 

Kata kunci : Buah Lokal, Buah Impor, Sikap Konsumen


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.