PENGARUH PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP CORPORATE IMAGE PADA KONSUMEN ARMADA TOWN SQUARE YANG DI MEDIASI OLEH PERSEPSI KONSUMEN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh: 1) corporate social responsibility terhadap corporate image, 2) corporate social responsibility terhadap persepsi konsumen, 3) persepsikonsumen terhadap corporate image, 4) corporate social responsibility terhadap corporate image dengan persepsi konsumen sebagai variabel mediasi.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di Armada Town Square Magelang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini berupa analisis regresi berjenjang yang terdiri dari, persamaan garis regresi dan uji t (t test).
Hasil analisis data diketahui bahwa 1) langkah1 (X → Z) nilai koefisien regresi corporate social responsibility sebesar 0,841 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 artinya corporate social responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap corporate image, 2) langkah 2 (X → Z) nilai koefisien regresi corporate social responsibility sebesar 0,776 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 artinya corporate social responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi konsumen, 3) langkah 3 (X dan Z → Y) nilai koefisien regresi persepsi konsumen sebesar 0,259 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 artinya persepsi konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap corporate image, 4) langkah 4 (menentukan jenis variabel mediasi), nilai koefisien regresi corporate social responsibility terhadap corporate image tanpa persepsi konsumen (C) sebesar 0,841 mengalami penurunan menjadi 0,640 pada corporate social responsibility terhadap corporate image dengan persepsi konsumen sebagai variabel mediasi (C’), tetapi nilai p value C tetap signifikan (0,000) pada C’, artinya corporate social responsibility berpengaruh positif terhadap corporate image dengan persepsi konsumen sebagai variabel mediasi sebagian (partial mediation).
Kata kunci: corporate social responsibility, corporate image, persepsi konsumen
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v11i1B.2927
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.