PENGARUH KETIDAKPUASAN KONSUMEN DAN KARAKTERISTIK KATEGORI PRODUK PADA BRAND SWITCHING YANG DIMODERASI OLEH VARIETY SEEKING (Studi Pada Pengguna Kartu Prabayar GSM)
Abstract
Abstrak
Di era globalisasi seperti ini, dimana perubahan teknologi dan arus informasi yang semakin maju dan cepat mendorong timbulnya laju persaingan. Perusahaan diharuskan untuk mampu memenuhi keinginan yang diharapkan konsumen, salah satunya Perusahaan kartu prabayar GSM. Pada saat konsumen dihadapkan pada berbagai macam merek pada suatu produk kategori, maka konsumen akan mengevaluasi tiap-tiap merek tersebut sebelum mereka akhirnya memutuskan untuk membelinya, dengan demikian perusahaan dituntut untuk dapat memantau perubahan perilaku konsumennya, termasuk perilaku konsumen untuk berpindah merek.
Penelitian ini mengenai pengaruh ketidakpuasan konsumen dan karakteristik kategori produk pada brand switching yang dimoderasi oleh variety seeking, bertujuan untuk menguji : (1) pengaruh ketidakpuasan konsumen pada brand switching kartu prabayar GSM; (2) pengaruh karakteristik kategori produk pada brand switching kartu prabayar GSM; (3) variety seeking memoderasi pengaruh ketidakpuasan konsumen pada brand switching kartu prabayar GSM; (4) variety seeking memoderasi pengaruh karakteristik kategori produk pada brand switching kartu prabayar GSM.
Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna kartu prabayar GSM dan sudah pernah berpindah merek kartu prabayar GSM. Sampel penelitian ini berjumlah 100 orang. Pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling yaitu dengan Judgement Sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang masing-masing sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier berganda dan regresi dengan moderasi (Uji Interaksi).
Hasil dari uji validitas dan reliabilitas dalam penelitian ini terbukti reliabel dan valid. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel ketidakpuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan pada brand switching dengan taraf signifikansi PValue 0,000 (< 0,05) dandengannilai b sebesar 0,472. Karakteristik kategori produk berpengaruh positif dan signifikan pada brand switching dengan taraf signifikansi PValue 0,000 (< 0,05) dandengannilai b sebesar 0,352. Sedangkan hasil regresi moderating menunjukkan bahwaa Variety Seeking tidak memoderasi pengaruh ketidakpuasan konsumen pada brand switching dengan taraf signifikansi PValue 0,419 (> 0,05) dandengannilai b sebesar -,964. Variety Seeking memoderasi pengaruh karakteristik kategori produk pada brand switching dengan taraf signifikansi PValue 0,264 (> 0,05) dandengannilai b sebesar 1,026.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v10i1.a.1264
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.