Efektivitas Metode Pembelajaran Eksperimen Berbasis Lingkungan Terhadap Kemampuan Psikomotorik Siswa Kelas X Pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor di SMA Negeri 1 Klirong Tahun Pelajaran 2015/2016

Partono ., Arif Maftukhin, Yusro Al Hakim

Abstract


Intisari-Telah dilakukan penelitian efektivitas metode pembelajaran eksperimen berbasis lingkungan terhadap kemampuan keterampilan proses siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran eksperimen berbasis lingkungan terhadap kemampuan keterampilan proses siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Klirong dengan subjek penelitian berjumlah 240 siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan desain ekseperimen semu (Quasi Eksperimental) yaitu bentuk nonequivalent kontrol group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berbentuk angket,observasi dan tes. Berdasarkan penelitian menggunakan angket diperoleh hasil analisis sebesar tobs = 5,1173 dan ttabel = 1,6710 untuk tobs = 5,1173 > ttabel = 1,6710 maka H1 diterima artinya metode pembelajaran elsperimen berbasis lingkungan termasuk dalam kategori efekif. Hasil analisis data menggunakan tes diperoleh data sebesar tobs = 2.3348 dan ttabel = 1.6710 untuk tobs = 2,334 > ttabel = 1,6710 maka H1 diterima artinya metode pembelajaran eksperimen termasuk dalam kategori efektif. Berdasarkan kedua data menunjukan bahwa metode pembelajaran eksperimen berbasis lingkungan lebih efektif terhadap kemampuan keterampilan proses siswa dari pada pembelajaran secara konvensional.
kata kunci: efektivitas, ketrampilan proses, konvensional.

Full Text: PDF Full Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika
p-ISSN: 2301-6111, e-ISSN: 2549-0826

Jurnal ini terindeks :