Pengaruh Model Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Generik Sains Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016

Munawaroh ., Siska Desy Fatmaryanti, Ashari .

Abstract


Intisari -Telah dilakukan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan generik sains siswa. Metodepenelitian yang digunakanadalahmetodeeksperimensemudengandesainNonequvalent Control Group Design.Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Purworejo tahun pelajaran 2015/ 2016 yang berjumlah 2 kelas dengan kelas eksperimen berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol berjumlah 27 siswa.Hasilanalisis data menunjukkanbahwadengan menggunakan uji t dengan signifikan α = 0,05 pada keterampilan generik sains sehingga diperoleh 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing memberi pengaruh terhadap keterampilan generik sains siswa kelas XI SMA Negeri 2 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016
Kata kunci:.keterampilan generik sains, model pembelajaraninkuiri terbimbing

Full Text: PDF Full Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika
p-ISSN: 2301-6111, e-ISSN: 2549-0826

Jurnal ini terindeks :