EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ANCHORED INSTRUCTION (AI) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Andy Iqbal Sidik, Ashari ., Arif Maftukhin

Abstract


Intisari- Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui efektivitas Model Pembelajaran Anchored Instruction (AI) terhadap penguasaan konsep fisika dan hasil belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2015/2016, dan mengetahui apakah ada perbedaan penguasaan konsep fisika dan hasil belajar dengan model pembelajaran Anchored Instructioan (AI) siswa kelas X SMA Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2015/2016 dengan model. Populasi penelitian semua siswa kelas X SMA Muhammadiyah Purworejo. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas X-3 dengan jumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X-4 dengan jumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen, teknik pengambilan data dilakukan dengan cara cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, metode dokumentasi, dan metode wawancara. Berdasarkan penelitian rata-rata hasil tes penguasaan konsep fisika sebesar 76,77. Rerata total keterlaksanaan pembelajaran pada tiga pertemuan yaitu 2,87 dinyatakan “cukup baik” dan rerata Percentage Agreement pada empat pertemuan 93,91% dinyatakan “sangat reliabel”. Efektivitas model pembelajaran Anchored Instruction menggunakan uji t dengan db = 60 pada α 0,05 yaitu sebesar 2,00, setelah tes penguasaan konsep diperoleh thitung=4,01 jatuh pada penolakan H0. Berdasarkan hasil tersebut maka model pembelajaran Anchored Instrction dapat dikatakan efektif meningkatkan penguasaaan konsep fisika dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Efektivitas, penguasaan konsep fisika, Anchored Instruction.

Full Text: PDF Full Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika
p-ISSN: 2301-6111, e-ISSN: 2549-0826

Jurnal ini terindeks :