Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016

Desi Kholifah, Ashari ., Eko Setyadi Kurniawan

Abstract


Intisari- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui pengaruh model pembelajaran concept attainment berbasis masalah dengan pemahaman konsep dan minat belajar siswa kelas XI SMA Negeri 8 Purworejo. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 8 Purworejo dengan subjek penelitian kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian yakni wawancara, observasi, dokumentasi, angket dengan skala Likert dan tes pemahaman konsep fisika. Uji prasarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas dengan menggunakan metode Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartkett. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) model pembelajaran concept attainment berbasis masalah memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep dan minat belajar siswa , ditunjukkan dari hasil uji hipotesis dengan statistik uji t multivariat pada α=0,05 dengan nilai hitung Fobs = 7,2434 > Ftabel = 3,1. (2) model pembelajaran concept attainment berbasis masalah memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep fisika, dengan nilai tobs = 11,393 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan besar pengaruhnya 42,1% pada interval 40% - 59% dalam kategori sedang. (3) model pembelajaran concept attainment berbasis masalah memberikan pengaruh terhadap minat belajar siswa, dengan nilai tobs = 3,374 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan besar pengaruhnya 18,4% pada interval 0% - 19% dalam kategori sangat rendah.
Kata Kunci: concept attainmnent berbasis masalah, minat belajar, model pembelajaran, pemahaman konsep

Full Text: PDF Full Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika
p-ISSN: 2301-6111, e-ISSN: 2549-0826

Jurnal ini terindeks :