Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Kreativitas Siswa Kelas X SMA Pancasila Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016.

Ita Purnamasari, Eko Setyadi Kurniawan, Ashari .

Abstract


Intisari- Telah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk meningkatkan keaktifan dan kreativitas dalam pembelajaran Fisika siswa kelas X MIA SMA Pancasila Purworejo. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X.1 SMA Pancasila Purworejo yang berjumlah 28 siswa. Materi yang diaplikasikan adalah Gelombang Elektromagnetik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, metode observasi, metode tes. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dapat meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa kelas X SMA Pancasila Purworejo, hal tersebut terlihat dari hasil tindakan pada pra siklus angket keaktifan belajar siswa mencapai 69,3% pada siklus I meningkat sebesar 71,1% dan pada siklus II meningkat mencapai 78,2%. Hasil observasi keaktifan belajar siswa pada pra siklus rerata persentase observasi keaktifan belajar siswa mencapai 38,93%%, pada siklus I mencapai rerata persentase sebesar 64,2%, pada siklus II meningkat mencapai 82,6%. Hasil observasi kreativitas siswa pra siklus mencapai 41,9%. Pada siklus I observasi kreativitas mencapai 61,3% dan pada siklus II mencapai 79,2% dan memenuhi kriteria keberhasilan sebesar 75%. Hasil tes kreativitas berpikir siswa pada siklus I mencapai rerata nilai sebesar 63,5 dan pada siklus II hasil rerata nilai siswa mengalami peningkatan mencapai 78,92.
Kata Kunci: Keaktifan, Kreativitas, Model Creative Problem Solving (CPS)

Full Text: PDF Full Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika
p-ISSN: 2301-6111, e-ISSN: 2549-0826

Jurnal ini terindeks :