Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check terhadap Keaktifan, Kemandirian, dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016

Catur Yuli Wahyuni, Ashari ., Arif Maftukhin

Abstract


Intisari- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check terhadap keaktifan, kemandirian, dan pemahaman konsep fisika siswa kelas XI SMA Negeri 5 Purworejo. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Purworejo dengan subjek penelitian kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian yakni wawancara, observasi, dokumentasi, angket dengan skala Likert dan tes pemahaman konsep fisika. Uji prasarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas berbantuan spss versi 16.0. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check memberikan pengaruh terhadap keaktifan siswa, dengan nilai F sebesar 30.932 pada taraf signifikasi 0,000 (2) model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check memberikan pengaruh terhadap kemandirian siswa, dengan nilai F sebesar 20.135 pada taraf signifikasi 0,000 (3) model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep fisika, dengan nilai F sebesar 15.297 pada taraf signifikasi 0,000 (4) model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check memberikan pengaruh terhadap keaktifan, kemandirian, dan pemahaman konsep fisika siswa, dengan nilai F sebesar 66.634 pada taraf signifikasi 0,000.
Kata Kunci: Keaktifan, Kemandirian, Pemahaman Konsep, Pair Check.

Full Text: PDF Full Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika
p-ISSN: 2301-6111, e-ISSN: 2549-0826

Jurnal ini terindeks :