PENGARUH MODEL TALKING STICK DENGAN TEKNIK PICK UP CARDSGAME UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI KEBUMEN 1 TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Kurnia Arum Setiani, Nur Ngazizah, Ashari .

Abstract


Intisari– Telah dilakukan penelitian eksperimen untuk mengetahui pengaruh model talking stick dengan teknik pick up cards game untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Kebumen 1 Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini digunakan rancangan penelitian Quasi Experimental Design yaitu dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini kelas X MIPA,sampel penelitian 2 kelas yaitu kelas X MIPA 1 dan MIPA 2 dengan teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan teknik angket motivasi belajar siswa dan sebelum digunakan akan divalidasi oleh guru ahli sehingga layak digunakan dalam penelitian. Analisis data menggunakan teknik deskriptif presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji hipotesis yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikan (α) = 0.05 menunjukkan tobservasi = 2,009 < 2,944 artinya Ho ditolak (t0,05:49 =2,944 ) DK = (t/t < -2,009 atau t > 2,009). Hal ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan dengan menggunakan model talking stick dengan teknik pick up cards game untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan penjelasan tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model talking stick dengan teknik pick up cards game lebih baik daripada menggunakan model numbered head together (kepala bernomor) sehingga dapat dijelaskan bahwa terdapat pengaruh model model talking stick dengan teknik pick up cards game untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas x madrasah aliyah negeri kebumen 1 tahun pelajaran 2015/2016.
Kata kunci: Motivasi Belajar Siswa, Pick Up Cards Game, Talking Stick

Full Text: PDF Full Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika
p-ISSN: 2301-6111, e-ISSN: 2549-0826

Jurnal ini terindeks :