Pengembangan Modul Fisika Dengan Pendekatan Active Learning Guna Meningkatkan Keaktifandan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Purworejo

Arifin ., Ashari ., Sriyono .

Abstract


Intisari-Telah dilakukan penelitian pengembangan modul fisika denganpendekatan active learning guna mengetahui kelayakan modul fisika denganpendekatan active learningyang dikembangkan, peningkatan keaktifandanhasilbelajar siswa, dan respon siswa setelah menggunakan modul fisika denganpendekatan active learning yang telah dikembangkan.Jenis penelitian yaitu pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4D yaitu Define, Design, Develop, danDesseminate. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 10 Purworejo dengan subjek penelitian berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar validasi, angket respon siswa, dan tes hasil belajar. Berdasarkan penelitian diperoleh data hasil validasi modul pembelajaran fisika denganpendekatan active learningdari tiga validator yaitu dua dosen ahli dan guru fisika mendapatkan nilai secara keseluruhan sebesar 4,5, termasuk dalam kategori baik dan layak digunakan dalam pembelajaran. Peningkatan keaktifandanhasilbelajar tahap penerapan diperoleh N-gain 0,388 dan termasuk kategori peningkatan sedang. Respon siswa terhadap modul pembelajaran fisika denganpendekatan active learning tahap penerapan diperoleh rerarta 4,60 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, modul pembelajaran fisika denganpendekatan active learning yang dikembangkan dalam penelitian ini dikategorikan baik dan layak digunakan dalam pembelajaran serta dapat meningkatkan keaktifandanhasilbelajar siswa SMA.
Kata kunci: Modul Fisika, Active Learning, Keaktifansiswa, hasilbelajar

Full Text: PDF Full Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika
p-ISSN: 2301-6111, e-ISSN: 2549-0826

Jurnal ini terindeks :