Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Blended Learning Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014

Dian Puspita Sari

Abstract


Intisari - Telah dilakukan penelitian pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk  mengembangkan media pembelajaran Fisika blended learning dan meningkatkan motivasi belajar siswa pada pokok bahasan Suhu dan Kalor kelas X SMA Negeri 6 Purworejo. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 6 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 20 siswa. Media hasil pengembangan ini merupakan media yang disampaikan menggunakan website online dalam bentuk webblog dengan memanfaatkan fasilitas domain di www.blogger.com dan dapat diakses melalui www.blendedlearningfisika.blogspot.com. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara, observasi, angket, dan tes. Analisis data dengan Persentase dan Precentage Agreement. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rerata skor dari semua validator sebesar 3,26 dengan kategori “baik”. Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media blended learning menghasilkan skor rerata 3,46 dengan rerata Precentage Agreement 97,02% dan termasuk dalam kategori “sangat baik”. Respon peserta  didik terhadap pembelajaran dengan menggunakan media blended learning menghasilkan skor rerata 3,35 dengan persentase 83,63% dan termasuk dalam kategori “baik”. Peningkatan motivasi belajar siswa terlihat dari data hasil observasi. Pada studi pendahuluan dan pengumpulan informasi diperoleh data awal motivasi belajar peserta didik sebesar 65,00% dengan kategori “baik”. Rerata persentase motivasi belajar peserta didik setelah menggunakan media blended learning meningkat menjadi 75,09% dengan kategori “baik”. Dengan demikian media blended learning layak digunakan sebagai media pembelajaran guna meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

 

Kata kunci : Pengembangan Media, Pembelajaran Fisika, Blended Learning, Motivasi, R&D


Keywords


Pengembangan Media, Pembelajaran Fisika, Blended Learning, Motivasi, R&D

Full Text: PDF Full Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web
Analytics

Jumlah Kunjungan

TERINDEKS :

 

Erlenmeyer Erlenmeyer Erlenmeyer Erlenmeyer

 

e - ISSN: 2549 - 0826

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: jurnalradiasi@gmail.com

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.