UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X.7 SMA NEGERI 1 PURWOREJO

Rio Chandra Elita Wati

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran ekonomi kelas X.7 SMA Negeri 1 Purworejo. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, guru dan melibatkan keaktifan siswa. Subjek penelitian siswa kelas X.7 SMA Negeri 1 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket sederhana. Prosedur penelitian meliputi tahap : (a) perencanaan tindakan, (b) pelaksanaan tindakan, (c) observasi dan interpretasi, dan (d) analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sebesar 10,54% (siklus I sebesar 79,92% dan siklus II sebesar 90,46%), peningkatan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebesar 11,8% (siklus I sebesar 78,6% dan siklus II sebesar 90,4%). peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran sebesar 19,36% (siklus I sebesar 75,01% dan siklus II sebesar 93,10%). Kesimpulan hipotesis dapat diterima.

Kata kunci : Motivasi Belajar, Model Pembelajaran, Problem Based Learning

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: