https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ https://bappeda.langsakota.go.id/slot-terbaik/ https://mediasumbar.everettsonthego.com/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
PENGARUH SUMBER BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR, STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMA NEGERI 8 PURWOREJO | Wati | OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi

PENGARUH SUMBER BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR, STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMA NEGERI 8 PURWOREJO

Fitria Rahmah Wati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial antara sumber belajar, kemandirian belajar dan strategi pembelajaran terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA N 8 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013, (2) ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara sumber belajar, kemandirian belajar dan strategi pembelajaran terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA N 8 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 8 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 199 siswa, dengan menggunakan tabel Isac and Michael dengan taraf kesalahan 5% maka didapat sampel sebanyak 127 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan kuantitatif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sumber belajar berada pada kategori kurang yaitu 38,58%, kemandirian belajar pada kategori cukup yaitu 58,27%, strategi pembelajaran pada kategori cukup yaitu 57,48%, dan hasil belajar ekonomi siswa pada kategori cukup yaitu 66,14%. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa (1) sumber belajar memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa thitung 4,445; sig.0,000<0,05 dan besar pengaruh sebesar 13,80%, (2) kemandirian belajar memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa thitung 2,884; sig.0,005<0,05 dan besar pengaruh sebesar 6,30%, (3) strategi pembelajaran memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa thitung 2,394; sig.0,018<0,05 dan besar pengaruh 4,40%, (4) sumber belajar, kemandirian belajar dan strategi pembelajaran secara simultan memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa, Fhitung=26,500; sig.0,000<0,05 dan besar pengaruh sebesar 39,30% dan sisanya 60,70% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. Persamaan regresi Y= 13,642 + 0,382X1 + 0,215X2+ 0,169X3.

Kata Kunci: Sumber Belajar, Kemandirian, Strategi Pembelajaran

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: