EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH KUTOARJO KABUPATEN PURWOREJO TAHUN AJARAN 2018/2019

Luzy Hapsara

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pembelajaran mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA Muhammadiyah Kutoarjo. Model yang digunakan adalah model evaluasi Ekop. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah Kutoarjo berjumlah 40 siswa. Sampel penelitian berjumlah 36 siswa, ditentukan dengan pedoman pada tabel krecjie dengan tingkat kesalahan 5%. Instrumen pengumpulan data menggunakan instrument angket dengan skala likert dan analisis dokumen. Analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif. Hasil analisis deskriptif evaluasi program pembelajaran diukur dari kualitas pembelajaran dan output pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran terdiri dari kinerja guru dalam kelas, fasilitas pembelajaran, iklim kelas, sikap siswa, motivasi belajar maka diperoleh rerata total skor (2,88), apabila dikonversikan dengan tabel criteria perbandingan rerata skor masing-masing komponen maka termasuk kualifikasi “baik”. Sedangkan output pembelajaran menunjukkan rerata total skor (2,89), apabila dikonversikan dalam tabel kriteria perbandingan rerata total skor masing-masing komponen maka termasuk kualifikasi “baik”. Secara keseluruhan program pembelajaran mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Muhammadiyah Kutoarjo menunjukkan rerata total skor (2,92), apabila dikonversikan dalam tabel criteria perbandingan rerata total skor masing-masing komponen maka termasuk kualifikasi “baik”.

 

Kata Kunci: Evaluasi, Kualifikasi, Output


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: