PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TEKNIK COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X IIS 2 DI SMA NEGERI 10 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Tri Nur Hidayati

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS 2 di SMA Negeri 10 Purworejo dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning teknik Cooperative Script. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 2 di SMA Negeri 10 Purworejo yang berjumlah 22 siswa. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan metode tes dan analisis data berupa analisis deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada metode tes, persentase prestasi belajar siswa terus meningkat yaitu dari 45,45%% pada prasiklus menjadi 68,18% pada siklus I dan mencapai 81,82% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Cooperative Learning teknik Cooperative Script dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X IIS 2 di SMA Negeri 10 Purworejo dengan indikator keberhasilan mencapai 75%.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Cooperative Learning teknik Cooperative Script, Prestasi Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: