PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN PEMANFAATAN MEDIA INTERNET TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS DI SMA N 1 PEJAGOAN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2018/2019
Abstract
ABSTRACK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara literasi ekonomi dan pemanfaatan media internet secara sendiri-sendiri ataupun secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IPS di SMA N 1 Pejagoan Kabupaten Kebumen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA N 1 Pejagoan yang berjumlah 156 siswa. Sampel penelitian berjumlah 110 siswa, ditentukan dengan berpedoman pada tabel krejcie dengan tingkat kesalahan 5%. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Hasil analisis deskriptif menunjukkan persentase tertinggi variabel literasi ekonomi berada pada kategori tinggi (52,70%), variabel pemanfaatan media internet pada kategori tinggi (52,70%) dan variabel prestasi belajar ekonomi pada kategori rendah (71,80%). Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara literasi ekonomi terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 8,20% (rhitung = 0,287, t = 3.095; sig ≤ 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pemanfaatan media internet terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 7.0% (rhitung = 0,266, t = 2,858; sig ≤ 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara literasi ekonomi dan pemanfaatan media internet secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 25,80% (R = 0.508; Fhitung 10,720; sig ≤ = 0,05) sedangkan 74,20% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dan hipotesis diterima.
Kata kunci : Literasi ekonomi, Pemanfaatan Media Internet , dan Prestasi Belajar Ekonomi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract: