PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI 1 SALAMAN

Yuli Fitriyana

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar secara parsial ataupun secara simultan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA Negeri 1 Salaman. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS tahun 2019 berjumah 155 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 105 siswa, penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Analisis data menggunakan korelasi parsial dan korelasi ganda. Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa sebesar 22,37%  rhitung = 0,473, t = 5,420, sig  ≤ 0,05); (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pemanfaatan internet terhadap motivasi belajar siswa sebesar 46,37% rhitung = 0,681, t = 9,420, sig  ≤  00,05); (3) ada pengaruh antara lingkungan keluarga dan pemanfaatan internet secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa sebesar 75,80% dan  24,20% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini (R = 0,870; Fhitung = 159,374; sig  ≤  0,05 maka signifikan), dengan demikian seluruh hipotesis yang diajukan diterima.

 

Kata kunci: Lingkungan keluarga, pemanfaatan internet dan motivasi belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: