ANALISIS STRATEGI SWOT UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PRODUSEN TELUR ASIN RUMAHAN DI KECAMATAN BONOROWO KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2019
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana pengaruh faktor internal kekuatan (strengths) dan kelemahan (weaknesses) strategi SWOT untuk meningkatakan volume penjualan pada produsen telur asin rumahan di Kecamatan Bonorowo (2) bagaimana pengaruh faktor eksternal peluang (opportunities) dan ancaman (treats) strategi SWOT untuk meningkatakan volume penjualan pada produsen telur asin rumahan di Kecamatan Bonorowo, Kabupaten Kebumen tahun 2019. Penelitian ini dilakukan pada produsen telur asin Al-Azzam dengan menggunakan metode pengumpulan data interview dan observasi serta dianalisis menggunakan analisis SWOT dengan menggunakan matrik IE (internal-eksternal). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa analisis SWOT dapat berpengaruh untuk meningkatkan volume penjualan pada produsen telur asin Al-Azzam. Analisis SWOT membantu produsen untuk dapat mengetahui apa saja kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki oleh produsen sebagai bahan untuk digunakan dalam penyusunan strategi yang tepat dalam upaya meningkatkan volume penjualan. Hasil dari analisis menggunakan matrik IE (internal-eksternal) menunjukkan bahwa produsen telur asin Al-Azzam berada pada sel V yaitu posisi dengan strategi growth (konsentrasi melalui integrasi horizontal) dan stability strategy.
Kata kunci: SWOT, telur asin, volume penjualan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract: