PENGARUH IKLIM KELAS DAN KREATIVITAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO TAHUN AKADEMIK 2018/2019

Luthfi Aprilia Safitri

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara iklim kelas dan kreativitas baik secara sendiri-sendiri ataupun secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo tahun akademik 2018/2019. Populasi penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan ekonomi angkatan 2016 sampai 2018 berjumlah 100 mahasiswa dan penentuan jumlah sampel 78 mahasiswa ditentukan menggunakan tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode angket dengan skala likert yang telah memenuhi syarat validitas dan realibilitas. Analisis data menggunakan korelasi parsial, korelasi ganda, dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara iklim kelas terhadap prestasi belajar sebesar 12,32% (rx1y = 0,351, thitung = 3,242, sig ≤ 0,05); (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas terhadap prestasi belajar sebesar 13,32% (rx2y = 0,365, thitung = 3,391, sig ≤ 0,05); (3) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara iklim kelas dan kreativitas secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sebesar 26,01% (R =0,510, Fhitung = 13,154, sig ≤ 0,05) sedangkan 73,99% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

 

Kata Kunci: Iklim kelas, Kreativitas, dan Prestasi Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: