PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 10 PURWOREJO
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel kompetensi guru dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 10 Purworejo,baik sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Jumlah sampel ditentukan berdasarkan tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 65 siswa diambil sampel 55 siswa. Pengambilan sampel mennggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan analisis dokumen. Analisis data menggunakan korelasi ganda dan regresi ganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kompetensi guru tergolong tinggi 61,80%, disiplin belajar tergolong tinggi 98,20%, dan prestasi belajar tergolong cukup 69,10%. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi guru dengan prestasi belajar sebesar 33,20% (r=0,576; t=5,081, sig≤0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar sebesar 21,70% (r=0,466; t=3,795, sig≤0,05) ada pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi guru dan disiplin belajar secara bersama-sama sebesar 53,00% (Fhitung= 29,305, r=0,728, sig≤0,05) terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 10 Purworejo, sedangkan 47,00% dipengaruhi oleh faktor yang tidak diteliti dalam penelitian ini dan dengan persamaan regresi Y= 58,515+0,204X1+0,348X2.
Kata Kunci : Kompetensi Guru, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract: