PENGARUH DISIPLIN BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF 05 KEPIL KABUPATEN WONOSOBO
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara disiplin belajar, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah baik secara bersama-sama maupun secara sendiri-sendiri terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Ma’arif 05 Kepil Kabupaten Wonosobo. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Ma’arif 05 Kepil Kabupaten Wonosobo yang berjumlah 100 siswa, penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 1%, 5%, dan 10%. Dengan taraf kesalahan 5% diambil sampel 78 siswa, pengambilan sampel secara random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket yang masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan reliabilitas dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan persentase tertinggi variabel disiplin belajar berada pada kategori sering (12,82%), untuk variabel lingkungan keluarga berada pada kategori sering dengan persentase (44,87%), sedangkan untuk variabel lingkungan sekolah berada pada kategori sering dengan persentase (48,71%), dan untuk variabel prestasi belajar berada pada kategori cukup baik denan persentase (58,98%). Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar sebesar 67,6% (r = 0,260, t hitung = 2,319, sig ≤ 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar sebesar 81% (r = 0,285, thitumg = 2,560, sig ≤ 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar sebesar 67% (r = 0,259, thitung = 2,306, sig ≤ 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara disiplin belajar, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah secara simultan terhadap prestasi belajar sebesar (R = 0,808 dan Fhitung = 46,479, sig ≤ 0,05) dengan (R)² = 0,652 sumbangan 65,20% sedangkan 34,80% dipengaruhi faktor oleh lain. Hipotesis diterima dan dikatakan positif karena Fhitung bernilai positif karena hasil signifikansi < 0,05.
Kata Kunci : Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Prestasi Belajar
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract: