PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMK N 1 AMBAL KEBUMEN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran menggunakan model NHT. dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan di SMK N 1 Ambal, Kebumen. PTK dilaksanakan dalam 3 siklus setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan pada kelas XI TN 1 dengan jumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi, analisis menggunakan rumus rerata dan persentase. Hasil penelitian menunjukan dengan metode NHT dalam pembelajaran Kewirausahaan dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XI TN 1 SMK N 1 Ambal. Peningkatan motivasi belajar siswa terlihat dari hasil observasi saat pembelajaran berlangsung, pada siklus I mencapai 55,88%, siklus II meningkat menjadi 70,95%, dan siklus III meningkat menjadi 80,95%. Prestasi belajar siswa pada kondisi awal nilai rata-rata sebesar 72,71 dengan ketuntasan klasikal a57,14%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I mengalami peningkatan nilai rata-rata menjadi 75,58 dengan ketuntasan klasikal sebesar 70,60%, siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 81 dengan ketuntasan klasikal 90,32%, dan pada siklus III mengalami peningkatan kembali, dengan nilai rata-rata mencapai sebesar 93,14 dengan ketuntasan klasikal mencapai 100%.
Kata Kunci: Kewirausahaan, motivasi belajar, NHT, prestasi belajarFull Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract: