PENGARUH LITERASI EKONOMI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 1 KLIRONG KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Dewi Septiani

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan negative antara literasi ekonomi terhadap prestasi belajar siswa kelas X mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 1 Klirong Kabupaten Kebumen Tahun Akademik 2017/2018.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPS SMA Negeri 1 Klirong. Tahun Akademik 2017/2018 yang berjumlah 60 siswa. Penentuan jumlah sampel didasarkan pada tabel Issac dan Michael dengan taraf kesalahannya 5 % dengan jumlah 51. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dan analisis dokumen yang diuji cobakan dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis menggunakan korelasi.Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa literasi ekonomi tergolong baik dengan presentase 49 % dan prestasi belajar tergolong baik dengan persentase 70 %. Berdasarkan analisis korelasi menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif antara literasi ekonomi terhadap prestasi belajar siswa sebesar korelasi ( r) sebesar 0,465 koefisien determinasi (r2) 2165 sig ≤ 0,05 thitung 3,595 dengan demikian ada pengaruh yang positif dan signifikan antara literasi ekonomi terhadap prestasi belajar siswa.

 

Kata kunci : literasi ekonomi, prestasi belajar

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: