PENGARUH PROMOSI DAN PELAYANAN TERHADAP MINAT MENABUNG PADA ANGGOTA BMT BINAMAS PURWOREJO
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara promosi dan pelayanan terhadap minat menabung pada anggota BMT Binamas Purworejo baik secara sendiri - sendiri maupun bersama-sama. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh anggota BMT Binamas yang aktif menabung sebanyak 1.000 anggota, pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, penentuan sampel menggunakan rumus SLOVIN dengan taraf kesalahan 10% di dapat sampel 91 anggota. Pengumpulan data menggunakan metode angket dengan skala likert yang masing-masing diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas dengan analisis data secara deskriptif dan kuantitatif. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara promosi terhadap minat menabung anggota BMT Binamas Purworejo sebesar 9,24% (rx1y = 0,304, thitung = 2,997 sig ≤ 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pelayanan terhadap minat menabung sebesar 21,43% (rx2y = 0,463 , thitung = 4,903 sig ≤ 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara promosi dan pelayanan secara bersama-sama terhadap minat menabung anggota BMT Binamas Purworejo sebesar 50,40% (R = 0,710 Fhitung = 44,680 sig 0,000 ≤ 0,05). Sedangkan 49,60% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Persamaan regresi Y = 17,706 + 0,230X1 + 0,429X2.
Kata kunci: promosi, pelayanan, minat menabung anggota
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract: