PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP MINAT MELANJUTKAN S2 PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO

Muhamad Yusuf

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya: 1) pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat melanjutkan S2, 2) pengaruh motivasi belajar terhadap minat melanjutkan S2, 3) pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap minat melanjutkan S2. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Ekonomi semester VI Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin, dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 68 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diujicobakan dan memenuhi syarat validitas dan reliabelitas. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa lingkungan keluarga berada pada kategori cukup 68,97%, motivasi belajar pada kategori cukup 51,72%, dan minat melanjutkan S2 pada kategori tinggi 62,07%. Dan hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa (1) lingkungan keluarga memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan S2 sebesar 22,10% (2) motivasi belajar memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan S2 sebesar 13,80% (3) lingkungan keluarga dan motivasi belajar secara bersama-sama memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan S2 sebesar 36,00% dan sisanya 64,00% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.

Kata kunci : lingkungan, motivasi, minat

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: