PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI BENGKEL AHASS 6895 RESTU BUANA MOTOR SUMPIUH BANYUMAS

Sarifah Nuf Zain

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan AHASS 6895 Restu Buana Motor Sumpiuh Banyumas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan bengkel AHASS 6895 Restu Buana Motor Sumpiuh Banyumas sebanyak 1.800 selama 2 bulan penelitian,sampel yang di tetapkan berjumlah 95 pelanggan menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode kuesioner, analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pada bengkel AHASS 6895 Restu Buana Motor Sumpiuh Banyumas tergolong baik dan sangat baik dengan persentase tertinggi yaitu 88%, lokasi pada bengkel AHASS 6895 Restu Buana Motor Sumpiuh Banyumas tergolong  baik dan sangat baik dengan persentase tertinggi yaitu 91% dan kepuasan pelanggan pada bengkel AHASS 6895 Restu Buana Motor Sumpiuh Banyumas tergolong sangat tinggi dengan persentase terbesar yaitu 93%. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa (1) kualitas pelayanan memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 57,15% (rx1y = 0,756; thitung 11,074; sig ≤ 0,05) (2) lokasi memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 67,08% (rx2y = 0,259; thitung 2,576; sig ≤ 0,05) (3) kualitas pelayanan dan lokasi secara bersama-sama memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 66,10% dan dari hasil uji regresi ganda bahwa koefisien kualitas pelayanan (x1) sebesar 0,683 dan lokasi (x2) sebesar 0,160 serta bilangan constanta (a) sebesar 5,585 dengan persamaan Y= 5,585 +0,683X1+0,160X2. Pengaruh semua variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 66,10% sedangkan 33,90%  dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

 

Kata kunci : Kualitas Pelayanan,Lokasi,Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: