PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP MINAT MENJADI GURU BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI SEMESTER VI DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO

Angky Binar Permana

Abstract


Abstrak

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara: (1) lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru. (2) motivasi belajar terhadap minat menjadi guru. (3) lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap minat menjadi guru. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Nomogram Harry King, dengan jumlah sampel 65 orang. Pengumpulan menggunakan kuesioner yang telah diuji cobakan dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Sedangkan, untuk menguji hipotesis menggunakan analisis korelasi berupa uji t dan uji F. Hasil  menunjukkan bahwa 1) nilai koefisien korelasi lingkungan keluarga (X1) sebesar 12,25% ( rx1 = 0,350 dengan nilai signifikansi 0,005), 2) nilai koefisien korelasi motivasi belajar (X2) sebesar 52,70% (rx2 = 0,726 dengan nilai signifikansi 0,000), 3) nilai koefisien korelasi secara bersama-sama  X1 dan X2 terhadap Y sebesar 57,60% (R = 0,759; sig F Change signifikansi sebesar 0,000 dan sisanya 42,40% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

 

Kata kunci : lingkungan keluarga, morivasi belajar, minat

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: